QOMARIAH, NUR (2021) ANALISIS PRESCRIBING ERROR PADA PERESEPAN OBAT ANTIHIPERTENSI KOMBINASI DI APOTEK WILAYAH SURABAYA TIMUR. Diploma thesis, Akademi Farmasi Surabaya.
Text
COVER.pdf Download (113kB) |
|
Text
RINGKASAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
COVER DALAM - DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB II - BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu tujuan pelayanan kefarmasian diapotek adalah untuk melindungi pasien dan masyarakat dari penggunaan obat yang tidak rasional dalam rangka keselamatan pasien. Upaya yang dilakukan adalah dengan memahami kemungkinan terjadinya kesalahan pengobatan (medication error) serta mengatasi masalah terkait obat (drug related problems). Kesalahan pengobatan (medication error) didefinisikan sebagai setiap kejadian yang dapat dicegah serta dapat menyebabkan atau mengarah pada penggunaan obat yang tidak tepat atau membahayakan pasien saat pengobatan berada dalam kendali profesional perawatan kesehatan, pasien, atau konsumen. Menurut prosesnya, medication error dibagi menjadi 4 fase yaitu fase peresepan (prescribing), fase pembacaan resep (transcribing), fase penyiapan resep (dispensing), fase administrasi (administration) atau fase pemantauan obat (monitoring). Kesalahan pada salah satu fase memungkinkan untuk mempengaruhi pada fase lain, kesalahan dapat terjadi secara berantai dan dapat menimbulkan kesalahan pada fase selanjutnya. Penelitian yang dilakukan oleh Khalid dkk tahun 2012 survey pada 20 pusat pelayanan kesehatan primer Bahrain melaporkan bahwa terdapat kesalahan penulisan resep (prescribing eror) sebanyak 1/4 resep dari 2/3 jumlah total resep. Kesalahan resep ini dapat berpotensi membahayakan pasien. Untuk mencegahnya, diperlukan tindakan efektif dengan mendeteksi resep melalui skrining resep agar tidak terjadi kesalahan peresepan sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan.
Item Type: | Thesis/Diploma (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi |
Depositing User: | Elvia Ikasari |
Date Deposited: | 11 May 2022 04:31 |
Last Modified: | 11 May 2022 04:31 |
URI: | http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/671 |
Actions (login required)
View Item |