ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN RESEP BPJS PASIEN DIABETES MELLITUS DI RSUD. Dr. M. SOEWANDHIE SURABAYA (Studi dilakukan di Instalasi farmasi rawat jalan RSUD. Dr. M. Soewandhie)

WIJAYA, REZKY (2021) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN RESEP BPJS PASIEN DIABETES MELLITUS DI RSUD. Dr. M. SOEWANDHIE SURABAYA (Studi dilakukan di Instalasi farmasi rawat jalan RSUD. Dr. M. Soewandhie). Diploma thesis, Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text
COVER DALAM - DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II - VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)

Abstract

Diabetes merupakan penyakit progresif yang memerlukan perawatan paliatif selain kuratif dan rehabilitatif. Kepuasan merupakan salah satu indikator terpenting dalam perawatan paliatif, sehingga pengukuran kepuasan pasien terhadap pengobatan sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien diabetes melitus yang mendapat perawatan paliatif. Studi potong lintang ini melibatkan 60 responden pasien diabetes di RSUD Dr. M. Soewandhie surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pasien merasa puas terhadap 5 parameter kualitas pelayanan swamedikasi yang diberikan yaitu parameter daya tanggap yang memiliki rata-rata GAP sebesar 0,54 termasuk dalam kategori puas. Parameter reliabilitas memiliki rata-rata GAP sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori puas. Parameter penjaminan/Assurance memiliki rata-rata GAP sebesar 0,49 yang termasuk dalam kategori puas. Parameter empati/Empati memiliki rata-rata GAP sebesar 0,40 yang termasuk dalam kategori puas. Parameter bukti langsung/Tangible memiliki rata-rata GAP 0,17 termasuk dalam kategori puas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14% responden merasa cukup puas, 60,5% puas, dan 25,6% merasa sangat puas. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara karakteristik responden dengan tingkat kepuasan. Studi ini merekomendasikan praktisi kesehatan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang perawatan paliatif dan menerapkannya pada layanan kesehatan.

Item Type: Thesis/Diploma (Diploma)
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi
Depositing User: Elvia Ikasari
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:40
Last Modified: 19 Apr 2022 02:40
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item