-, SAMITA (2024) ANALISIS PELAYANAN RESEP OBAT ANTIDIABETES di APOTEK JASA MEDIKA GRESIK. Diploma thesis, Akademi Farmasi Surabaya.
Text
1. COVER DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text
cover dalam - daftar lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text
BAB II - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
RIGKASAN.pdf Download (99kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
Abstract
Diabetes Mellitus (DM) merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah akibat gangguan produksi atau penggunaan insulin. Pada tahun 2019, prevalensi DM global mencapai 463 juta orang dan diperkirakan akan mencapai 700 juta pada 2045. Indonesia menduduki peringkat ketujuh dengan sekitar 10 juta penderita DM. Data Riskedas menunjukkan peningkatan jumlah penderita DM dari 6,9% pada 2013 menjadi 8,5% pada 2018. Terapi untuk DM melibatkan perubahan gaya hidup (non-farmakologi) dan penggunaan obat (farmakologi). Terapi farmakologi termasuk antidiabetik oral dan insulin dengan berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda. Kualitas pelayanan farmasi, termasuk di apotek, menjadi penting dengan meningkatnya jumlah penderita DM. Apoteker memiliki peran kunci dalam memastikan kualitas pelayanan yang baik, mulai dari pengkajian resep hingga pemberian informasi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pasien diabetes mellitus terhadap pelayanan resep di Apotek Jasa Medika Gresik dengan merunut pada dimensi kepuasan berupa empati, kehandalan, ketanggapan, keyakinan, dan penampilan. Kepuasan pasien merupakan indikator penting dari kualitas pelayanan, yang berdampak pada loyalitas pasien. Diabetes mellitus diklasifikasikan menjadi beberapa tipe berdasarkan etiologi, di antaranya Tipe 1, Tipe 2, Gestasional, dan tipe spesifik. Pengobatan DM meliputi terapi non-farmakologi seperti diet dan olahraga, serta terapi farmakologi yang termasuk penggunaan insulin dengan berbagai jenis seperti insulin kerja cepat, pendek, menengah, dan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode prospektif dengan pengumpulan data resep pasien DM pada Juli 2024 di Apotek Jasa Medika Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap layanan resep obat antidiabetes masih di bawah harapan, khususnya dalam hal pemberian informasi obat. Dimensi kepuasan pasien yang dievaluasi meliputi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik, dengan beberapa dimensi yang dinilai masih kurang memuaskan. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan resep obat antidiabetes di apotek dapat menjadi acuan bagi tenaga kefarmasian untuk meningkatkan kepuasan pasien sehingga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan pasien DM dan meningkatkan loyalitas pasien terhadap layanan kesehatan di apotek.
Item Type: | Thesis/Diploma (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi |
Depositing User: | Elvia Ikasari |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:01 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:01 |
URI: | http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/1596 |
Actions (login required)
View Item |