Sadiah, Lilik and Permatasari, Intan Kurnia and Prasetya, Rachmad Aji KEPUASAN PELAYANAN RESEP PADA PASIEN RUJUK BALIK DI UNIT OBAT PUSKESMAS PACARKELING SURABAYA. Akademi Farmasi Surabaya.
Text
ARTIKEL ILMIAH_13515124_LILIK SADIAH.pdf Download (154kB) |
Abstract
Layanan pasien rujuk balik merupakan salah satu pelayanan kefarmasian di Puskesmas Pacarkeling Surabaya. Pelaksanaan pelayanan kefarmasian dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kualitas layanan pada pasien rujuk balik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien di Unit Obat Puskesmas Pacarkeling Surabaya dengan menggunakan 5 (lima) dimensi yaitu: tangibles (sarana fisik), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), reliability (kehandalan), dan empathy (empati). Penelitian ini merupakan deskriptif, dan dilakukan dengan pendekatan prospektif. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Januari - Maret 2018 di Unit Obat pelayanan resep rujuk balik di Puskesmas Pacarkeling Surabaya, dengan jumlah responden sebanyak 75 pasien yang memenuhi kriteria inklusi. Data dianalisis dengan membandingkan antara harapan dan kinerja menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tingkat kinerja dari pelayanan resep rujuk balik ada yang belum memenuhi harapan pasien. Kesimpulannya, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi ketidaksesuaian antara kinerja dengan harapan pasien di Unit Obat Puskesmas Pacarkeling Surabaya. Keywords : Pelayanan rujuk balik, Kepuasan pasien, Unit Obat Puskesmas Pacarkeling
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi |
Depositing User: | Elvia Ikasari |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 03:46 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 03:46 |
URI: | http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/99 |
Actions (login required)
View Item |