EVALUASI KARAKTERISTIK FISIK SEDIAAN SALEP DARI EKSTRAK ETANOL DAUN PARE (Momordica charantia L) DALAM BASIS HIDROKARBON

YULIANDARI, IMELDA (2021) EVALUASI KARAKTERISTIK FISIK SEDIAAN SALEP DARI EKSTRAK ETANOL DAUN PARE (Momordica charantia L) DALAM BASIS HIDROKARBON. Diploma thesis, Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
COVER DALAM - DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II - VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Obat tradisional Indonesia masih sangat banyak yang belum diteliti, khususnya yang sebagian besar berasal dari bahan tumbuhan. Salah satu jenis tanaman yang di jadikan obat tradisional ialah Daun Pare (Momordicа chаrаntiа L.) hasil uji kandungan fitokimia menunjukkan bahwa adanya kandungan flavonoid, tanin, saponin, steroid, alkaloid, dan terpenoid yang terkandung dalam daun pare. Penelitian ini untuk mendapatkan formulasi sediaan salep dan untuk mengetahui hasil uji karakteristik fisik sedian salep dari ekstrak etanol daun pare (Momordica charintia L) dengan perbandingan beberapa variasi konsentrasi ekstrak etanol daun pare (Momordica charantia L). Metode penelitian yang dilakukan adalah penelusuran pustaka . Evaluasi sediaan salep dilakukan dengan uji organoleptik, uji homogenitas, uji pengukuran pH dan uji daya sebar unuk memenuhi standart sediaan salep . Hasil resume artikel yang didapat dengan perbedaan basis salep dan konsentrasi yang berbeda-beda. Kesimpulan yang didapat dari penelusuran pustaka pembuatan salep dengan berbagai macam konsentrasi dan basis salep dapat dilakukan dan dikembangkan sebagai formulasi salep.

Item Type: Thesis/Diploma (Diploma)
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Teknologi Farmasi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 20 Apr 2022 08:40
Last Modified: 20 Apr 2022 08:40
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item