UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA DENGAN MASERASI EKSTRAK DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia S.) MENGGUNAKAN METODE BIOAUTOGRAFI TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus

Hidayati, Reni Nur and Sudarwati, Tri Puji Lestari and Amalia, Anisa Rizki UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA DENGAN MASERASI EKSTRAK DAUN JERUK NIPIS (Citrus aurantiifolia S.) MENGGUNAKAN METODE BIOAUTOGRAFI TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus. Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515064_RENI NUR HIDAYATI.pdf

Download (150kB)

Abstract

Jeruk nipis (Citrus aurantiifolia S.) merupakan salah satu tanaman toga yang digunakan pada masyarakat baik untuk bumbu masakan maupun untuk obat-obatan karena mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan dan mempunyai efek antibakteri. Daun jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid dan dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri terutama pada bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus merupakan salah satu bakteri gram positif berbentuk bulat yang merupakan bakteri patogen bagi manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas antimikroba ekstrak daun jeruk nipis (Citrus aurantiifolia S.) menggunakan pelarut etanol dengan metode bioautografi terhadap bakteri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah daun Jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.) kering. Preparasi sampel menggunakan metode maserasi, kemudian di evaporator untuk mendapatkan ekstrak masing-masing diencerkan dengan konsentrasi 2%, 4%, 6%, 8%, dan 10%. Hasil penelitian dari 5 konsentrasi menunjukkan bahwa 2%, 4%, 6%, 8%, 10% memiliki rata-rata zona hambat sebesar 5,6 mm, 6,4 mm, 7,2 mm, 7,9 mm, dan 9,1 mm. Analisis data didukung dengan menggunakan uji Anova one way dan uji Duncan. Menunjukkan terdapat perbedaan zona hambat yang terbentuk terhadap berbagai konsentrasi ekstrak daun jeruk nipis. Kata kunci : Daun jeruk nipis, Staphylococcus aureus, Kromatografi lapis tipis, Bioautografi.

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Mikrobiologi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 07 Apr 2019 05:20
Last Modified: 07 Apr 2019 05:20
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item