ANALISIS LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KOSMETIK LIPSTIK SECARA ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) (Sampel Diambil dari Daerah Surabaya Pusat)

Manaheda, Novianti Ayu and Arifiyana, Djamilah and Amalia, Anisa Rizki ANALISIS LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KOSMETIK LIPSTIK SECARA ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) (Sampel Diambil dari Daerah Surabaya Pusat). Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515053_NOVIANTI AYU MANAHEDA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Lipstik merupakan kosmetik yang sangat diminati karena lipstik merupakan pemoles bibir wanita agar terlihat lebih menarik. sering terdapat kandungan unsur berbahaya salah satunya adalah kandungan logam berat timbal (Pb). BPOM RI Tahun 2011 Tentang Persyaratan Cemaran Mikroba dan Logam Berat dalam Kosmetika, menyatakan bahwa batas cemaran timbal dalam kosmetika adalah ≤ 20 mg/kg atau 20 mg/L (20 ppm). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi dalam kosmetik lipstik yang terdapat pada pasar yang berbeda di Surabaya Pusat. Kosmetik lipstik berjumlah 6 sampel, yaitu diambil 3 sampel memiliki No.BPOM dan 3 sampel tidak memiliki No.BPOM. Sampel kosmetik lipstik didestruksi dan dilakukan analisis logam berat timbal menggunakan Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Hasil konsentrasi timbal tertinggi terdapat pada sampel NA4, yaitu 114,0701 ppm. Hasil penelitian menunjukkan produk kosmetik lipstik terpapar logam berat berbahaya dan dapat berpotensi risiko untuk kesehatan penggunanya karena dapat terakumulasi dalam sistem biologis. Keywords : Lipstik, Timbal (Pb), Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS)

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Kimia Farmasi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 07 Apr 2019 04:46
Last Modified: 07 Apr 2019 05:36
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item