AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL JAMUR LINGZHI (Ganoderma lucidum) DENGAN METODE SOXHLET TERHADAP BAKTERI Proteus sp.

Augustlin, Nila Sendy and Handrianto, Prasetyo and Sudarwati, Tri Puji Lestari AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL JAMUR LINGZHI (Ganoderma lucidum) DENGAN METODE SOXHLET TERHADAP BAKTERI Proteus sp. Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515051_NILA SENDY A.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penyakit infeksi merupakan jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh penduduk di negara berkembang, termasuk Indonesia. Salah satu penyebab penyakit infeksi adalah bakteri Proteus sp. Jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) merupakan salah satu tanaman di Indonesia yang berpotensi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan daya antibakteri ekstrak metanol jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) terhadap bakteri proteus sp. Metode penelitian menggunakan metode difusi kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan zona hambat bakteri pada konsentrasi 20 μg/ml (8,3 mm) dengan kategori tidak aktif, 40 μg/ml (9,3 mm) dengan kategori kurang aktif, 60 μg/ml (10,5 mm) dengan kategori kurang aktif, 80 μg/ml (11,4 mm) dengan kategori aktif, and 100 μg/ml (12,6 mm) dengan kategori sangat aktif. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak Ganoderma lucidum berpengaruh terhadap bakteri Proteus sp. Berdasarkan data hasil pengamatan yang didukung dengan adanya uji statisk SPSS 16 yang menggunakan uji Anova Oneway. Pada hasil uji Anova oneway diperoleh nilai signifikan .000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan zona hambat yang terbentuk dari berbagai konsentrasi.Berdasarkan penelitian aktivitas antibakteri ekstrak metanol jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) metode soxhlet berpengaruh terhadap zona hambat bakteri Proteus sp. Keywords : Jamur lingzhi (Ganoderma lucidum), Proteus sp. , Zona Hambat.

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Mikrobiologi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 07 Apr 2019 04:40
Last Modified: 07 Apr 2019 05:38
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item