UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA DENGAN MASERASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) MENGGUNAKAN METODE BIOAUTOGRAFI TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus

Masfufah, Nihayatul and Sudarwati, Tri Puji L. and Amalia, Anisa Rizki UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA DENGAN MASERASI EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) MENGGUNAKAN METODE BIOAUTOGRAFI TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus. Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515050_NIHAYATUL MASFUFAH.pdf

Download (135kB)

Abstract

Carica papaya L. adalah salah satu tanaman herbal yang telah dikenal sebagai obat tradisional infeksi bakteri dengan berbagai bioaktivitas seperti antiseptik, antiinflamasi, antijamur dan antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun pepaya (Carica papaya L) terhadap Staphylococcus aureus. Ekstrak etanol diperoleh dengan metode maserasi dan diuji menggunakan metode bioautografi. Ekstrak daun etanol pepaya dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus pada konsentrasi 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% dengan rata-rata diameter zona hambat yaitu 5,52 mm; 6,34 mm; 7,06 mm; 7,72 mm dan 8,9 mm. Pengujian KLT bioautografi dengan eluen nbutanol : asam asetat : aquadest (4 : 1 : 5) diperoleh zona penghambatan pada noda dengan nilai Rf 0,93. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa noda adalah tanin. Hasil statistik Anova oneway menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari masing-masing konsentrasi. Keywords : Carica papaya L., Staphylococcus aureus, Kromatografi Lapis Tipis, Bioautografi.

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Mikrobiologi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 07 Apr 2019 04:33
Last Modified: 07 Apr 2019 05:39
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item