ANALISA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT JADI DAN RACIKAN PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR.SOETOMO SURABAYA PERIODE FEBRUARI – APRIL 2021

PERMANASARI, CATUR INDAH (2022) ANALISA WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT JADI DAN RACIKAN PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR.SOETOMO SURABAYA PERIODE FEBRUARI – APRIL 2021. Diploma thesis, Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
COVER DALAM - DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II - BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang meliputi obat, bahan obat, obat tradisional dan kosmetika dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan adalah meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian, yaitu dengan perbaikan waktu tunggu pelayanan resep obat (1). waktu tunggu obat adalah waktu yang diperlukan pasien mulai dari menyerahkan resep sampai dengan pasien menerima obat. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian ditentukan terhadap kualitas pelayanan resep. Waktu tunggu merupakan salah satu indikator terhadap kualitas pelayanan resep, dimana pasien akan merasa puas jika waktu tunggu dalam pelayanan resep tidak membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, dan sesuai standar yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan gambaran waktu tunggu pelayanan resep BPJS non racikan dan racikan pasien rawat jalan di Unit Pelayanan Farmasi Rawat Jalan RSUD dr. Soetomo Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagimana adanya, tanpa melakukun analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku umum, dengan metode pengambilan data secara prospektif yaitu pengamatan yang dilakukan sejak dimulai penelitian sampai dengan selesai. Bulan Jenis Resep Waktu Tunggu Februari Racikan 59 menit 47 detik Non Racikan 24 menit 14 detik Maret Racikan 58 menit 10 detik Non racikan 27 menit 9 detik April Racikan 55 menit 51 detik Non Racikan 26 menit 2 detik Dari analisa data yang diperoleh didapat hasil waktu tunggu obat di di Unit Pelayanan Farmasi Rawat Jalan RSUD DR. Soetomo Surabaya telah memenuihi standar pelayanan farmasi yang telah ditetapkan yaitu ≤ 30 menit untuk resep non racikan dan ≤ 60 menit untuk resep racikan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pelayanan farmasi di Unit Pelayanan Farmasi Instalasi Rawat Jalan RSUD DR. Soetomo semakin meningkat. Sehingga dapat memperbaiki waktu tunggu obat dan meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis/Diploma (Diploma)
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi
Depositing User: Elvia Ikasari
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:53
Last Modified: 08 Feb 2022 05:53
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item