ANALISIS CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA PRODUK KOSMETIK LIPSTIK MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETER SERAPAN ATOM (SSA) (Sampel di Ambil dari Daerah Surabaya Timur)

Umam, Muhammad Khotibul and Arifiyana, Djamilah and Fernanda, M. A. Hanny Ferry ANALISIS CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA PRODUK KOSMETIK LIPSTIK MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETER SERAPAN ATOM (SSA) (Sampel di Ambil dari Daerah Surabaya Timur). Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515047_MUHAMMAD KHOTIBUL UMAM.pdf

Download (106kB)

Abstract

Salah satu kosmetik yang sering digunakan oleh wanita adalah lipstik. Lipstik dapat menjadi tidak aman bila tercemar oleh logam berat seperti logam timbal (Pb), yang dapat menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan. Timbal pada lipstik dapat masuk ke dalam tubuh melalui permukaan kulit, pencernaan dan pernafasan. Pengetahuan konsumen dan pedagang penting untuk diketahui karena akan membentuk tindakan dalam memilih produk lipstik yang akan digunakan atau dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar timbal pada beberapa merek lipstik teregistrasi dan tidak teregistrasi oleh BPOM RI yang beredar di daerah Surabaya Timur. Preparasi sampel menggunakan destruksi basah dengan aqua regia. Timbal dianalisis dengan spektrofotometer serapan atom (SSA) pada panjang gelombang spesifik yaitu 283,3 nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 sampel lipstik yang teregistrasi dan yang tidak teregistrasi BPOM RI yang dijual di beberapa pasar di daerah Surabaya Timur yang diuji mengandung timbal dengan kisaran 92,5302-144,5594 mg/kg, kandungan tersebut tidak memenuhi syarat peraturan BPOM RI yaitu <20 mg/kg. Keywords : Timbal (Pb), Lipstik, SSA, BPOM

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi
Divisions: Program Studi D3 Farmasi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 06 Apr 2019 11:10
Last Modified: 06 Apr 2019 12:32
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item