PENGARUH PRESEPSI HARGA DAN PAPARAN PROMOSI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT TANPA RESEP PASCA PANDEMI COVID-19 DI APOTEK SUGENG

PAKPAHAN, AYU PAUNE YULIANA (2023) PENGARUH PRESEPSI HARGA DAN PAPARAN PROMOSI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT TANPA RESEP PASCA PANDEMI COVID-19 DI APOTEK SUGENG. Diploma thesis, Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
lmbr pgshn.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
lmbr prstjuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
1. Cover Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
2. Cover Dalam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
5. Pernyataan Orisinalitas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
6. Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
8. Ringkasan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
9. Abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka sampai Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)

Abstract

Hadirnya pandemi Covid-19 menciptakan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya, masyarakat cenderung resah dan takut untuk keluar beraktivitas seperti biasanya. Salah satu sektor usaha yang berdampak adalah apotek. Apotek adalah suatu tempat tertentu yang digunakan untuk melakukan pekerjaan kefarmasian berupa penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat. Salah satu usaha keras yang dilakukan saat pandemi ini adalah memasarkan produk secara daring atau online. Pemasaran secara online dengan memanfaatkan teknologi digital seperti online advertising, alat berbagi video, telepon seluler hingga aplikasi web, maupun jaringan sosial online. Dalam lingkungan pemasaran digital, pelanggan dapat memposting ulang mengenai produk, layanan merek di situs web Perusahaan serta situs web pihak ketiga maupun jaringan sosial. Pandemi Covid-19 juga mengubah perilaku konsumen antara lain: konsumen cenderung fokus pada harga yang lebih murah, pola belanja konsumen terpusat pada jenis produk tertentu, konsumen memilih belanja online, dan konsumen berbelanja secara kolektif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini mendeskripsikan tentang pengaruh harga dan promosi melalui media elektronik terhadap keputusan pembelian obat tanpa resep pasca pandemi Covid-19 di Apotek Sugeng. Variabel bebas dari penelitian ini adalah harga dan promosi, sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan apotek yang melakukan pembelian periode Juni sampai Juli 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan meliuti uji validitas dengan membuat korelasi antar skor butir penyataan dengan total skor variabel, dan uji reabilitas dengan Cronbach alpha dan analisis uji t parsial. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil nilai thitung (7,114) > ttabel (1.985) dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Dan berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil nilai thitung (7,702) > ttabel (1.985) dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh promosi melalui media elektronik terhadap keputusan pembelian. Dari hasil penelitian, disarankan untuk mempertahankan harga dan promosi karena mampu meningkatkan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis/Diploma (Diploma)
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi
Depositing User: Elvia Ikasari
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:30
Last Modified: 21 Oct 2024 07:30
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item