ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT (Pb) SECARA KUANTITATIF PADA LIPSTIK DENGAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) (Sampel diambil di Daerah Surabaya Selatan)

Elidya, Devi and Arifiyana, Djamilah and Amalia, Anisa Rizki ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT (Pb) SECARA KUANTITATIF PADA LIPSTIK DENGAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) (Sampel diambil di Daerah Surabaya Selatan). Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515016_DEVI ELIDYA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Lipstik merupakan campuran dari bahan kimia maupun bahan lainnya yang sesuai untuk pewarnaan dan pelembaban pada bibir. Keberadaan logam berat seperti Pb dalam produk lipstik sangat berbahaya, karena jika ion logam berat tersebut terserap dalam organ tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan kandungan Pb dalam lipstik di daerah Surabaya Selatan menggunakan Atomic Absorbtion Spectrophotometry (AAS). Pb terdeteksi pada semua sampel. Nilai rata-rata dari kandungan Pb dalam 6 sampel lipstik yaitu 103,1767 ppm. Hasil tersebut melebihi dari permintaan menurut peraturan BPOM yaitu ≤ 20 ppm. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kandungan tertinggi Pb terlihat pada sampel DE1 dengan nilai 129,81 ppm. Kata Kunci: Kosmetika, Lipstik, Timbal, BPOM, AAS

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Kimia Farmasi
Depositing User: Alfian Aldianto
Date Deposited: 10 Apr 2019 08:22
Last Modified: 10 Apr 2019 08:22
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item