TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI PUSKESMAS KENJERAN

Maimunah, - and Permatasari, Intan Kurnia and Prasetya, Rahmad Aji TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN RESEP DI PUSKESMAS KENJERAN. Akademi Farmasi Surabaya.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_13515125_MAIMUNAH.pdf

Download (160kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian didasarkan pada filosofi Pharmaceutical Care. Pelaksanaan kefarmasian dapat ditingkatkan dengan kualitas layanan. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengevaluasi layanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi di Puskesmas Kenjeran Surabaya menggunakan lima parameter. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari sampai Februari 2018. Jumlah responden dari pelayanan resep adalah 80 responden. Data dianalisis dengan membandingkan antara harapan dan kinerja menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian dari pelayanan resep menunjukkan pada parameter reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles didapatkan rata-rata nilai harapan sangat penting dan kinerjanya sangat baik. Kesimpulannya, terdapat banyak faktor yang sesuai dengan harapan pasien dan dapat dipertahankan pelaksanaannya. Keywords : Pelayanan resep, kepuasan pasien, kefarmasian

Item Type: Article
Subjects: Kesehatan > Farmasi > Farmasi Klinis Komunitas dan Manajemen Farmasi
Depositing User: Elvia Ikasari
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:51
Last Modified: 08 Apr 2019 03:51
URI: http://repository.akfarsurabaya.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item